Kamis, 06 Desember 2012

Membuat Mayonaise Sendiri

Nah, kali ini mau bagi resep gimana caranya bikin mayonaise sendiri. Jadi gak perlu ngeluarin duit lebih buat beli mayonaise kemasan jadi. Apalagi mayonaise kemasan ada yang mengandung pengawet. Sayangkan makanan sehat harus dilumuri dengan bahan pengawet.
Mayonaise bisa digunakan dalam pembuatan salad, baik salad buah maupun salad sayur. Mayonaise juga asik buat cocolan berbagai makanan garing seperti kentang goreng dan ayam goreng. Gak perlu banyak mbayangin, langsung aja deh kasih resepnya.

Bahan:
2 kuning telur
1 sdt mustard (optional)
1 sdm air lemon
280ml minyak zaitun atau boleh diganti dengan minyak kelapa
garam secukupnya
merica secukupnya

Cara membuat:
✿ Kocok kuning telur, garam, dan merica dengan mixer kecepatan rendah hingga tercampur rata.
✿ Tetap pertahankan kocokan dengan mixer kecepatan rendah, masukkan setetes demi setetes minyak zaitun hingga tercampur rata dan mengental.
*Adonan harus tetap dikocok dengan mixer kecepatan rendah dan konstan sampai mayonaise benar-benar jadi. Penambahan minyak zaitu dilakukan setetes demi setetes. Apabila sudah tercampur dengan baik, tetesan berikutnya boleh lebih banyak dibanding tetesan awal*
✿ Adonan mayonaise yang telah mengembang tambahkan dengan air lemon, campur hingga rata.
✿ Apabila adonan mayonaise terlalu kental dapat ditambahkan dengan air panas, disesuaikan dengan kekentalan yang diinginkan.
✿ Mayonaise siap dipakai. Mayonaise dapat disimpan di lemari es agar tetap awet.

Selamat mencoba

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar