Senin, 03 Desember 2012

Tips cara merawat Hamster

Punya hamster yang lucu-lucu di rumah??? Tapi hewan imut sering gampang mati atau baru memulai memelihara hamster. Kan kasihan kalau hewan imut kita gak kerawat dengan benar. Nah, untuk itu aku mau bagi-bagi tips cara merawat hamster. Ini sesuai pengalamanku selama ini dalam merawat hamster sih..Tapi gak ada salahnya diterapin demi hamster tersayang, isnt??

1. Bersihkan kandang hamster 2x seminggu. Ini penting untuk menjaga kebersihan hamster agar baik kita yang merawat dan hamster tidak terserang penyakit. Ditambah lagi untuk menghilangkan bau pesing dan kotoran hamster. Hamster jadi nyaman tinggal dikandang karena hamster termasuk hewan yang cinta kebersihan (menyimpan makanan dan kotorannya di tempat yang berbeda dan selalu di satu tempat yang mereka anggap asik)


2. Beri serbuk kayu dan pasir dalam kandang hamster. Ini juga penting, serbuk kayu untuk menjaga suhu tetap dingin buat si hamster jadi hamster merasa nyaman. Sedangkan pasir untuk mandi hamster. Hamster suka menggosok-gosokkan badannya di pasir, hasilnya bulu hamster jadi bersih dan halus. Hamster juga termasuk hewan pengerat yang hidup di bawah tanah (habitat aslinya), jadi kehadiran pasir juga bisa digunakan hamster untuk menggali-gali. Pasir dan serbuk kayu juga dipakai untuk menyerap kotoran hamster agar tidak bau. Ingat! Pasir yang digunakan adalah pasir yang halus khusus hamster ya.
Tips: agar budget yang dikeluarkan tidak tinggi, pasir yang telah digunakan dapat digunakan kembali. Cukup mencuci pasir dengan merendam di air hingga bersih (kotoran terangkat) dan dijemur sampai kering. Pasir dapat digunakan kembali maksimal 2-3 kali.

3. Beri makan hamster secukupnya, jangan terlalu banyak karena hamster bisa jadi kegendutan. Hamster yang gendut memang menggemaskan ya, tapi apa-apa yang berlebih jadi gak baik kan, hamster jadi obesitas. Hamster yang gendut juga jadi lebih sulit beranak/ penyebab keguguran. Beri makanan khusus hamster, biasanya campuran antara jagung, beras merah, pelet ikan, biji bunga matahari/ kuaci, biji-bijian dan kacang-kacangan lainnya. Ingat! jangan juga memberi hamster sayur-sayuran karena mengandung air yang tinggi, yang tidak cocok dengan pencernaan hamster. Sayur dan buah yang diperbolehkan seperti wortel, buah pir, pisang dan apel, brokoli, dan kecambah. Tapi tidak jadi makanan utama setiap hari ya, cukup jadi selingan atau cemilan seminggu sekali sebagai asupan vitamin. 

4. Jangan lupa beri minum hamster. Jaga agar air minum hamster tidak kosong karena hamster suka sekali minum. Beri minum air putih matang bukan air mentah. Gunakan tempat minum khusus hamster agar mempermudah hamster meminumnya dan tidak membuat hanster basah. Kondisi basah menyebabkan bulu hamster jadi jelek.

5. Jangan menjemur hamster di bawah sinar matahari langsung. Karena hamster termasuk hewan nocturnal yang aktif di malam hari. Nanti hamster bisa mati kepanasan. Kalo memang ingin menjemur hamster (alasan biar sehat atau aktif dsb.) cukup 5-10 menit saja di pagi hari dan tidak terkena cahaya matahari secara langsung.

Selamat memelihara dan mengembangbiakan hamster yang lucu-lucu :))

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar