Senin, 03 Desember 2012

Seluk Beluk Hamster


Sudah punya hamster, sudah bisa merawat hamster dengan baik seperti ini. Maka...ada informasi penting terkait hamster. Biar gak cuma melihara aja tapi bisa dikembangbiakan dan dijadikan bisnis. Semakin kenal semakin cinta!!!
Ini nih seluk beluk tentang hamster, cekidot!

-- Jenis hamster ada empat jenis, yakni hamster campbell, syran, winter white, dan roborovski. Semuanya memiliki ciri-ciri, ukuran, dan sifat yang berbeda-beda. Rata-rata harga hamster termurah adalah jenis campbell, sedangkan yang paling mahal hamster winter white. Selengkapnya lain kali akan aku ulas, tunggu ya...

-- Jangan menggabungkan jenis hamster yang berbeda dalam satu kandang karena mereka bisa saling menggigit dan bertengkar (pernah ngalamin nih!serem sampai berdarah-darah). Walaupun sama jenis tapi beda warna mata (hamster bermata merah dan bermata hitam) lebih baik jangan digabungkan.



-- Hamster merupakan binatang nocturnal yaitu binatang yang aktif di malam hari. Sepanjang siang biasanya mereka suka tidur dan bermalas-malasan, sedangkan malam hari mereka sibuk bermain. Jadi jangan heran.

-- Masa hidup hamster pendek. Rata-rata hingga usia dua tahunan atau kurang dari tiga tahun :(

-- Mengembangbiakan hamster termasuk gampang-gampang susah. Rata-rata hamster bisa melahirkan sampai 13 anak dan setelah itu masih dapat mengadung lagi dan lagi. Sang jantan dapat melakukan pembuahan seumur hidup setiap harinya, sedangkan si betina setiap 3-4 hari. Penting sekali mengetahui kapan hamster dewasa dapat kawin dan berkembangbiak agar dapat mempersiapkan diri. Masa hamil hamster pun berbeda-beda tergantung jenisnya. Berikut ini informasinya...
Campbel : masa hamil 18-23 hari; masa siap kawin 2-3 bulan
Syran : masa hamil 15-18 hari; masa siap kawin 2-3 bulan
Winter White : masa hamil 18-25 hari; masa siap kawin 3,5-6 bulan
Roborovski : masa hamil 22-30 hari; masa siap kawin 6-9 bulan

-- Setelah melahirkan hamster betina dapat hamil kembali begitu digabungkan dengan jantan. Tapi kalau terlalu sering hamil jadi gak baik karena membuat hamster betina kelelahan melahirkan dan umur hidupnya jadi pendek. Karena itu pemilik bisa memisahkan sementara waktu betina agar ada jarak buat melahirkan kembali, atau menyiapkan betina baru yang siap kawin. 

-- Jangan menggabungkan bayi hamster baru lahir dengan sang jantan, terutama jenis campbell. Karena hamster bisa menjadi kanibal. Hamster jantan dapat membunuh atau memakan anaknya sendiri karena dianggap makanan atau musuh. Beberapa memang ada jantan yang lebih kalem terhadap bayinya dan ikut ngerawat seperti winter white dan roborovski, tapi buat antisipasi saja karena siapa yang tau pikiran hamster hehehehe.... Selanjutnyai tips merawat induk hamster dan bayinya dapat dilihat disini.

-- Ada beberapa jenis hamster yang suka menggigit (biasanya jenis campbell), tapi jangan kuatir, gigitan itu ada maknanya. Kalau pertama kali memegang hamster, hamster langsung menggigit ada beberapa kemungkinan.
Pertama, memegang terlalu kasar atau menekan karena salah memegang sehingga hamster memberontak kesakitan.
Kedua, tanda perkenalan terhadap benda/ lingkungan asing. Makanya hamster lebih baik sering dipegang, dielus-elus, atau memberi makan langsung pakai tangan agar hamster mengenali bau pemiliknya, otomatis hamster jadi jinak. Tapi jangan terlalu sering dipegang karena hamster bisa jadi bosan.
Ketiga, si hamster memang tidak suka dipegang-pegang. Untuk betina yang sedang hamil dan menyusui menjadi lebih agresif, jadi lebih sering menggigit (kadang jantannya juga digigit).
Kalau hamster sering menggigit mainannya, kandang jeruji atau lainnya itu karena gigi hamster yang masih mengalami pertumbuhan sehingga bagi hamster terasa gatal (atau karena kebiasaan,hehehe..). Karena itu untuk kandang jeruji hamster jangan pilih berbahan besi/ seng karena lama-lama bisa berkarat dan meracuni hamster.

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar